Kisah Inspiratif - Momen Kehidupan


Kisah Inspiratif, Dongeng Inspiratif


Gemma, seorang ibu rumah tangga, mendapati keempat anak gadisnya sedang menggosipi kawan mereka. Didengarnya bagaimana mereka membahas penampilan kawannya yang begini dan begitu. Karenanya terbersit di benaknya untuk mengajarkan mereka untuk tidak mengambil kesimpulan hanya dari pandangan sekilas saja.

Disuruhnya keempat anak gadisnya untuk mengamati Mister Fred, tetangga depan rumah, dan meminta mereka untuk memberikan kesan yang mereka dapat dari hasil pengamatan mereka.

Keempat anak gadis itu mengamati di waktu yang berbeda sesuai perintah Ibu Gemma.

Mister Fred diawasi di pagi hari oleh putri sulung kala mentari baru saja menyemburatkan sinarnya. Dilaporkannya ke sang ibu bagaimana ia melihat Mister Fred dengan penampilan yang masih acak-acakan dengan mengenakan piyamanya ketika Mister Fred berjalan keluar rumah mengambil koran.

Putri kedua mengamati Mister Fred tatkala ia hendak berangkat kerja. Dan dilaporkannya pula kepada Ibu Gemma tentang penampilan sang tetangga yang sangat rapi dan terlihat berwibawa, tentunya jauh berbeda dengan penampilannya kala keluar mengambil koran tadi.

Selepas Mister Fred pulang kerja, kali ini giliran putri ketiga yang mengamati penampilannya. Walau masih mengenakan pakaian yang sama saat ia berangkat kerja tadi, namun kini raut wajah Mister Fred tak secerah saat ia berangkat tadi. Kini di wajahnya nampak nuansa kelelahan akibat aktivitasnya seharian, pakaiannya pun tak serapi sebelumnya.

Namun saat petang menjelang malam tiba, ketika Mister Fred dan sang istri hendak naik ke mobil dan pergi makan malam bersama di luar, si bungsu melihat penampilan Mister Fred yang sangat menawan dan tampak gentleman. Menurut si bungsu, ketika mendengar laporan saudara-saudaranya, penampilan Mister Fred kali inilah yang paling benar adanya untuk menggambarkan tentang sang tetangga.

Dan Ibu Gemma pun tak menyalahkan pendapat putri bungsunya tersebut, namun juga tidak sepenuhnya membenarkannya. Disampaikannya kepada mereka bahwa setiap versi yang mereka lihat dari Mister Fred hari ini adalah benar. Tak ada yang salah.

“Kalian tak boleh menilai sesuatu hanya dengan sekilas pandang saja,” ujar Ibu Gemma. “Hanya dalam jangka waktu beberapa jam saja kalian bisa melihat bagaimana dari penampilannya yang acak-acakan di pagi hari ternyata mendekati penghujung hari Mister Fred justru berpenampilan yang menawan.”

***

Kisah di atas hanyalah sebuah ilustrasi tentang bagaimana jangan sampai kita menilai atau mengambil kesimpulan akan suatu hal hanya dari pandangan sekilas saja.

Ibaratnya jangan hanya karena sekarang lagi musim dingin, melihat dimana-mana beku dan segala sesuatunya menyulitkan, sampai kita memutuskan menyerah dan justru melupakan bahwa kelak akan datang musim panas yang hangat, musim semi yang penuh kehidupan. Jangan biarkan satu momen yang sulit menghancurkan kebahagiaan yang bisa saja datang di kemudian waktu.

"Janganlah menilai suatu kehidupan dari satu momen yang sulit saja. Karena jangan sampai hanya karena satu momen tersebut, sampai merusak ending yang bahagia."


0 comments: